Loading...
Monday, 16 Sep 2019

Pusat Karir Universitas Hang Tuah

Sistem Pengelolaan Pusat Karir UHT Surabaya

TENTANG KAMI


Pusat Karir Universitas Hang Tuah

Saat ini kendala besar yang sering terjadi dalam dunia kerja di Indonesia, adalah terjadinya ketidaksesuaian kompetensi antara kebutuhan dunia kerja dengan keahlian SDM. Salah satu permasalahan diantaranya adalah banyaknya pencari kerja yang mengajukan lamaran dengan persyaratan akademik telah memenuhi kriteria standar namun setelah memasuki dunia kerja ternyata mereka tidak memahami dan memiliki kecakapan dalam bidang pekerjaannya. Kendala lainnya adalah rendahnya kemampuan soft-skills yang dimiliki para pencari kerja. Realita yang terjadi di Indonesia selama hampir 15 tahun terakhir, bahwa tingkat pengangguran makin lama makin besar, dan lebih merisaukan lagi bahwa angka pengangguran dari lulusan Perguruan Tinggi makin meningkat, sekitar 60 persen lulusan perguruan tinggi menganggur.

Untuk mengantisipasi permasalahan tersebut Universitas Hang Tuah membentuk suatu Pusat Karir, yang berada di bawah UPT Kerjasama dan Humas. Pusat Karir berfungsi menjembatani kebutuhan informasi dunia kerja yang diperlukan oleh PT dan juga untuk menjawab tantangan dunia kerja. Karena, selain belajar untuk mendapatkan  pengetahuan spesifik sesuai bidang ilmu yang ditekuni, mahasiswa  juga perlu memiliki  pengetahuan dan kompetensi yang  diperlukan untuk bekerja.

Terbentuknya pusat karir di Universitas Hang Tuah bertujuan untuk:

•]Menyiapkan lulusan sesuai dengan kompetensi yang diperlukan di dunia kerja;

• Mengetahui penyerapan, proses, dan posisi lulusan dalam dunia kerja;

• mengevaluasi hasil pendidikan UHT agar bersesuaian dengan kebutuhan dunia kerja;

• Membantu program pemerintah dalam rangka memetakan dan menyelaraskan kebutuhan dunia kerja dengan pendidikan tinggi di Indonesia.